INSTRUMEN SUPERVISI KLINIS DAN EVALUASI
PELAKSANAAN KTSP
DOKUMEN I
Nama Sekolah : ………………………………………………………
Alamat :
...................................................................................
....................................................................................
No
|
Aspek Yang Diamati
|
Tanggapan
|
Alasan/Kendala
|
Saran dan Solusi
|
1
2
3
4
5
6
7
7
8
9
10
11
12
|
Apakah Tujuan Pendidikan ,tujuan
Sekolah,Visi dan Misi diketahui dan dipahami oleh semua unsur sekolah?
Apakah KTSP yang telah
disahkan itu dijadikan pedoman dalam penyusunan Program Sekolah dan RAPBS?
Apakah Mata Pelajaran di
sekolah sesuai dengan struktur kurikulum di KTSP?
Apakah ada penambahan Mata
Pelajaran di luar Struktur Kurikulum yang telah ditentukan BSMP?
Apakah Waktu untukTatap
Muka Perjam Pelajaran 40 menit?
Apakan Sekolah
memampaatkan 4 jam pelajaran tambahan
Apakah muatan lokal yang
dilaksanakan sesuai dengan yang ditetapkan dalam KTSP?
Apakah Pengembangan Diri di
sekolah sesuai dengan yang ditetapkan dalam KTSP?
Sejauh manakah
ketercapaian Kriteria Ketuntasan Minimal
di Sekolah?
Apakah dalam menentukan
kenaikan kelas dan Kelulusan merujuk kepada KTSP?
Apakah Sekolah
mengembangkan pendidikan kecakapan hidup?
Apakah sekolah
mengembangkan Pendidikan Keunggulan Lokal dan Global?
Apakah kegiatan sekolah
sesuai dengan kalender Pendidikan dalam KTSP?
|
Sebagian Besar
Sebagian Kecil
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Sesuai KKM
Di atas KKM
Di bawah KKM
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
|
|
|
............,...................
2008
Supervisor,
INSTRUMEN SUPERVISI KLINIS DAN EVALUASI
PELAKSANAAN KTSP
DOKUMEN II
Nama Sekolah : ………………………………………
Nama Guru :
………………………………………
Mata Pelajaran : ………………………………………
No
|
Aspek
|
Tanggapan
|
Alasan & Kendala
|
Saran & Solusi
|
A.
|
Kelengkapan
Dokumen KTSP
|
|||
1.
|
Ketersediaan Buku “Kerangka Dasar Kurikulum (KTSP)”
|
( ) Sangat lengkap
( ) Lengkap
( ) Kurang lengkap
( ) Tidak ada
|
|
………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
|
2.
|
Ketersediaan Buku “Standar Isi dan SKL Mata
Pelajaran".
|
( ) Sangat lengkap
( ) Lengkap
( ) Kurang lengkap
( ) Tidak ada
|
|
………………………….
………………………….
………………………….
|
3.
|
Ketersediaan Buku Pedoman
“Pengembangan Silabus dan RPP".
|
( ) Sangat lengkap
( ) Lengkap
( ) Kurang lengkap
( ) Tidak ada
|
|
………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
|
4.
|
Ketersediaan Buku Pedoman
“Pengembangan Penilaian Berbasis Kelas.”
|
( ) Sangat lengkap
( ) Lengkap
( ) Kurang lengkap
( ) Tidak ada
|
|
………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
|
B.
|
Penguasaan Terhadap
Konsep KTSP
|
|||
1.
|
Menguasai Konsep Dasar KTSP (Struktur Umum Kurikulum)
|
(….) Sangat
menguasai
(.....)
Menguasai
(….) Kurang Menguasai
(….) Tidak Menguasai
|
|
………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
|
2.
|
Menguasai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran.
|
(….) Sangat
menguasai
(.....)
Menguasai
(….) Kurang Menguasai
(….) Tidak Menguasai
|
|
………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
|
3.
|
Mampu
menjabarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam Mata Pelajaran
|
(….) Sangat
menguasai
(.....)
Menguasai
(….) Kurang Menguasai
(….) Tidak Menguasai
|
|
………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
|
4.
|
Mampu mengembangkan silabus dan RPP.
|
(….) Sangat
menguasai
(.....)
Menguasai
(….) Kurang Menguasai
(….) Tidak Menguasai
|
|
………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
|
5.
|
Mampu mengembangkan Rencana Langkah-langkah Pembelajaran
|
(….) Sangat
menguasai
(.....)
Menguasai
(….) Kurang Menguasai
(….) Tidak Menguasai
|
|
………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
|
6.
|
Menguasai Sistem Penilaian Kelas
|
(….) Sangat
menguasai
(.....)
Menguasai
(….) Kurang Menguasai
(….) Tidak Menguasai
|
|
………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
|
7.
|
Mampu Mengembangkan Program Remedial dan Pengayaan
|
(….) Sangat
menguasai
(.....)
Menguasai
(….) Kurang Menguasai
(….) Tidak Menguasai
|
|
………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
|
8.
|
Mampu Mengembangkan Program Tugas Mandiri Terstruktur dan
Mandiri Tidak Terstruktur.
|
(….) Sangat
menguasai
(.....)
Menguasai
(….) Kurang Menguasai
(….) Tidak Menguasai
|
|
………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
|
C
|
Pengembangan
Perangkat Pelaksanaan KTSP
|
|||
1.
|
Program Tahunan (Prota) Mata
Pelajaran telah dikembangkan secara lengkap dan memadai
|
(….) Sudah Lengkap
(….) Belum Lengkap
(….) Belum dikem-
bangkan
|
|
………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
|
2.
|
Pemetaan Kompetensi Dasar Per-Semester telah dikembangkan secara lengkap dan
memadai
|
(….) Sudah Lengkap
(….) Belum Lengkap
(….) Belum dikem-
bangkan
|
|
………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
|
3.
|
Silabus Mata
Pelajaran telah dikembangkan secara lengkap dan memadai
|
(….) Sudah Lengkap
(….) Belum Lengkap
(….) Belum dikem-
bangkan
|
|
………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
|
4.
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)
Mata Pelajaran telah dapat dikembangkan secara lengkap dan memadai
|
(….) Sudah Lengkap
(….) Belum Lengkap
(….) Belum dikem-
bangkan
|
|
………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
|
5.
|
Penilaian Berbasis Kelas telah
dikembangkan secara lengkap dan memadai
|
(….) Sudah Lengkap
(….) Belum Lengkap
(….) Belum dikem-
bangkan
|
|
………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
|
D.
|
Kelengkapan dan
Pemanfaatan Media & Sumber Belajar
|
|||
1.
|
Ketersediaan dan Pemanfaatan OHP
|
(….) Memadai
(….) Cukup memadai
(….) Kurang memadai
(….) Tidak Tersedia
Pemanfaatan:
|
|
………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
|
2.
|
Ketersediaan dan Pemanfaatan Media Audio (Tape Recorder)
|
(….) Memadai
(….) Cukup memadai
(….) Kurang memadai
(….) Tidak Tersedia
Pemanfaatan:
|
|
……………………………..
……………………………..
……………………………..
……………………………..
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
|
3.
|
Ketersedian Media Audio Visual
|
Ketersediaan:
(….) Cukup
(….) Kurang
(….) Tidak Tersedia
Pemanfaatan:
|
|
……………………………..
……………………………..
……………………………..
……………………………..
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
|
4.
|
Ketersedian
Komputer
|
(….) Memadai
(….) Cukup memadai
(….) Kurang memadai
(….) Tidak Tersedia
Pemanfaatan:
|
|
……………………………..
……………………………..
……………………………..
……………………………..
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
|
5.
|
Ketersediaan Buku Teks
|
(….) Memadai
(….) Cukup memadai
(….) Kurang memadai
(….) Tidak Tersedia
Pemanfaatan:
|
|
……………………………..
……………………………..
……………………………..
……………………………..
………………………………
………………………………
|
6.
|
Ketersediaan Referensi
|
(….) Memadai
(….) Cukup memadai
(….) Kurang memadai
(….) Tidak Tersedia
Pemanfaatan:
|
|
……………………………..
……………………………..
……………………………..
……………………………..
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
|
7.
|
Buku siswa/modul
|
(….) Memadai
(….) Cukup memadai
(….) Kurang memadai
(….) Tidak Tersedia
Pemanfaatan:
|
|
……………………………..
……………………………..
……………………………..
……………………………..
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
|
8.
|
Majalah
|
(….) Memadai
(….) Cukup memadai
(….) Kurang memadai
(….) Tidak Tersedia
Pemanfaatan:
|
|
……………………………..
……………………………..
……………………………..
……………………………..
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
|
9.
|
Peralatan Praktik
|
(….) Memadai
(….) Cukup memadai
(….) Kurang memadai
(….) Tidak Tersedia
Pemanfaatan:
|
|
……………………………..
……………………………..
……………………………..
……………………………..
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
|
10.
|
Bahan Praktik
|
(….) Memadai
(….) Cukup memadai
(….) Kurang memadai
(….) Tidak Tersedia
Pemanfaatan:
|
|
……………………………..
……………………………..
……………………………..
……………………………..
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
|
11.
|
Lainnya: …………………………
|
(….) Memadai
(….) Cukup memadai
(….) Kurang memadai
(….) Tidak Tersedia
Pemanfaatan:
|
|
……………………………..
……………………………..
……………………………..
……………………………..
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
|
E.
|
Pelaksanaan
Pembelajaran
|
|||
1.
|
Satu jam
pelajaran 40 menit
|
(….) Ya
(….) Tidak
|
|
|
2.
|
Kegiatan
pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan Silabus dan RPP yang telah disusun.
|
(….) Selalu
(….) Sering
(.....)
Kadang-kadang
(.....) Tidak
sesuai
|
|
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
|
3.
|
Siswa mudah
diarahkan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran
|
(….) Sangat mudah
(….) Mudah
(….) Tidak
Tentu
(.....) Tidak
mudah
|
|
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
|
4.
|
Siswa aktif
dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
|
(….) Sangat aktif
(….) Aktif
(….) Tidak
tentu
(…. ) Tidak
aktif
|
|
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
|
5.
|
Siswa belajar
sambil mengerjakan (Learning by doing)
|
(….) Sangat mungkin
(….) Mungkin
(.....) Tidak
tentu
(.....) Tidak
mungkin
|
|
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
|
6.
|
Komponen-komponen
pembelajaran CTL dapat diterapkan secara proporsional sesuai tujuan
pembelajaran
|
(….) Sangat mungkin
(….) Mungkin
(.....) Tidak
selalu
(.....) Tidak dapat
|
|
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
|
7.
|
Siswa dapat
mengkonstruk pemahamannya terhadap substansi yang dipelajari
|
(….) Sangat mungkin
(….) Mungkin
(.....) Tidak
selalu
(.....) Tidak dapat
|
|
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
|
8.
|
Penilaian
Berbasis Kelas dapat dilaksanakan secara memadai
|
(….) Sangat memadai
(….) Memadai
(.....) Kurang
memadai
(.....) Tidak
memadai
|
|
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
|
9.
|
Tujuan pembelajaran
dapat dicapai sesuai rencana
|
(….) Sangat sesuai
(….) Sesuai
(.....) Kurang
sesuai
(.....) Tidak
sesuai
|
|
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
|
10.
|
Target materi
(dalam satu semester) yang seharusnya dibahas dalam pembelajaran dapat tuntas
|
(….) Sangat tuntas
(….) Tuntas
(.....) Kurang tuntas
(.....) Tidak
tuntas
|
|
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
|
11.
|
Prestasi
belajar siswa
|
(….) Sangat tinggi
(….) Tinggi
(......) Sedang
(….) Rendah
|
|
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
|
12.
|
Kegiatan remidi
diselenggarakan bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan penguasaan sesuai
target kompetensi
|
(….) Selalu
(…..) Sering
(….) Kadang-kadang
(......) Tidak
pernah
|
|
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
|
13.
|
Pengayaan
diselenggarakan bagi siswa yang lebih cepat dalam mencapai ketuntasan
penguasaan sesuai target kompetensi
|
(….) Selalu
(….) Sering
(….) Kadang-kadang
(….) tidak pernak
|
|
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar