Rabu, 18 Januari 2012

Instrumen Supervisi KTSP


INSTRUMEN SUPERVISI KLINIS DAN EVALUASI
PELAKSANAAN KTSP
 DOKUMEN I

Nama Sekolah   : ………………………………………………………
Alamat                          : ...................................................................................
                            ....................................................................................
No
Aspek Yang Diamati
Tanggapan
Alasan/Kendala

Saran dan Solusi

1




2




3




4




5


6


7



7



8



9




10



11



12
Apakah Tujuan Pendidikan ,tujuan Sekolah,Visi dan Misi diketahui dan dipahami oleh semua unsur sekolah?

Apakah KTSP yang telah disahkan itu dijadikan pedoman dalam penyusunan Program Sekolah dan RAPBS?

Apakah Mata Pelajaran di sekolah sesuai dengan struktur kurikulum di KTSP?


Apakah ada penambahan Mata Pelajaran di luar Struktur Kurikulum yang telah ditentukan BSMP?

Apakah Waktu untukTatap Muka Perjam Pelajaran 40 menit?

Apakan Sekolah memampaatkan 4 jam pelajaran tambahan

Apakah muatan lokal yang dilaksanakan sesuai dengan yang ditetapkan dalam KTSP?

Apakah Pengembangan Diri di sekolah sesuai dengan yang ditetapkan dalam KTSP?

Sejauh manakah ketercapaian Kriteria Ketuntasan Minimal  di Sekolah?

Apakah dalam menentukan kenaikan kelas dan Kelulusan merujuk kepada KTSP?


Apakah Sekolah mengembangkan pendidikan kecakapan hidup?


Apakah sekolah mengembangkan Pendidikan Keunggulan Lokal dan Global?

Apakah kegiatan sekolah sesuai dengan kalender Pendidikan dalam KTSP?
Semua Unsur   
Sebagian Besar
Sebagian Kecil


Ya                        
Tidak



Ya
Tidak



Ya
Tidak



Ya
Tidak

Ya
Tidak

Ya                       
Tidak


Ya
Tidak


Sesuai KKM      
Di atas KKM
Di bawah KKM

Ya
Tidak



Ya
Tidak


Ya
Tidak


Ya
Tidak



                                                                                                                                                                                       ............,................... 2008                                                                                                                                                                         
                                                                                                                                                                                       Supervisor,


















                                                                                                                                                                                   
INSTRUMEN SUPERVISI KLINIS DAN EVALUASI
PELAKSANAAN KTSP
DOKUMEN II

Nama Sekolah             : ………………………………………
Nama Guru                 : ………………………………………
Mata Pelajaran            : ………………………………………


 

No
Aspek
Tanggapan
Alasan & Kendala
Saran & Solusi

A.
Kelengkapan Dokumen  KTSP
1.
Ketersediaan Buku “Kerangka Dasar Kurikulum (KTSP)”


(   ) Sangat lengkap
(   ) Lengkap
(   ) Kurang lengkap
(   ) Tidak ada


………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
2.
Ketersediaan Buku “Standar Isi dan SKL Mata Pelajaran".

(   ) Sangat lengkap
(   ) Lengkap
(   ) Kurang lengkap
(   ) Tidak ada


………………………….
………………………….
………………………….
3.
Ketersediaan Buku Pedoman
“Pengembangan Silabus dan RPP".

(   ) Sangat lengkap
(   ) Lengkap
(   ) Kurang lengkap
(   ) Tidak ada


………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
4.
Ketersediaan Buku Pedoman
“Pengembangan Penilaian Berbasis Kelas.”

(   ) Sangat lengkap
(   ) Lengkap
(   ) Kurang lengkap
(   ) Tidak ada


………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
B.
Penguasaan Terhadap Konsep KTSP
1.
Menguasai Konsep Dasar KTSP (Struktur Umum Kurikulum)
(….) Sangat menguasai
(.....) Menguasai
(….)  Kurang Menguasai
(….)  Tidak Menguasai


………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
2.
Menguasai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar  Mata Pelajaran.
(….) Sangat menguasai
(.....) Menguasai
(….)  Kurang Menguasai
(….)  Tidak Menguasai


………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
3.
Mampu menjabarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam  Mata Pelajaran
(….) Sangat menguasai
(.....) Menguasai
(….)  Kurang Menguasai
(….)  Tidak Menguasai


………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
4.
Mampu mengembangkan silabus dan RPP.
(….) Sangat menguasai
(.....) Menguasai
(….)  Kurang Menguasai
(….)  Tidak Menguasai

………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
5.
Mampu mengembangkan Rencana Langkah-langkah Pembelajaran

(….) Sangat menguasai
(.....) Menguasai
(….)  Kurang Menguasai
(….)  Tidak Menguasai


………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
6.
Menguasai Sistem Penilaian Kelas
(….) Sangat menguasai
(.....) Menguasai
(….)  Kurang Menguasai
(….)  Tidak Menguasai


………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
7.
Mampu Mengembangkan Program Remedial dan Pengayaan
(….) Sangat menguasai
(.....) Menguasai
(….)  Kurang Menguasai
(….)  Tidak Menguasai


………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
8.
Mampu Mengembangkan Program Tugas Mandiri Terstruktur dan Mandiri Tidak Terstruktur.
(….) Sangat menguasai
(.....) Menguasai
(….)  Kurang Menguasai
(….)  Tidak Menguasai


………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
C
Pengembangan Perangkat Pelaksanaan KTSP
1.
Program Tahunan (Prota) Mata Pelajaran telah dikembangkan secara lengkap dan memadai
(….)  Sudah Lengkap
(….)  Belum Lengkap
(….)  Belum dikem-
          bangkan


………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
2.
Pemetaan Kompetensi Dasar Per-Semester  telah dikembangkan secara lengkap dan memadai
(….)  Sudah Lengkap
(….)  Belum Lengkap
(….)  Belum dikem-
          bangkan


………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
3.
Silabus Mata Pelajaran telah dikembangkan secara lengkap dan memadai
(….)  Sudah Lengkap
(….)  Belum Lengkap
(….)  Belum dikem-
          bangkan


………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
4.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) Mata Pelajaran telah dapat dikembangkan secara lengkap dan memadai

(….)  Sudah Lengkap
(….)  Belum Lengkap
(….)  Belum dikem-
          bangkan


………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
5.
Penilaian Berbasis Kelas telah dikembangkan secara lengkap dan memadai
(….)  Sudah Lengkap
(….)  Belum Lengkap
(….)  Belum dikem-
          bangkan


………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
D.
Kelengkapan dan Pemanfaatan Media & Sumber Belajar
1.
Ketersediaan dan Pemanfaatan OHP
(….) Memadai 
(….) Cukup memadai
(….)  Kurang memadai
(….)  Tidak Tersedia

Pemanfaatan:


………………………….
………………………….
………………………….
………………………….
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
2.
Ketersediaan dan Pemanfaatan Media Audio (Tape Recorder)
(….) Memadai 
(….) Cukup memadai
(….)  Kurang memadai
(….)  Tidak Tersedia

Pemanfaatan:


……………………………..
……………………………..
……………………………..
……………………………..
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
3.
Ketersedian Media Audio Visual
Ketersediaan:
(….)  Cukup
(….)  Kurang
(….)  Tidak Tersedia

Pemanfaatan:


……………………………..
……………………………..
……………………………..
……………………………..
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
4.
Ketersedian  Komputer
(….) Memadai 
(….) Cukup memadai
(….)  Kurang memadai
(….)  Tidak Tersedia

Pemanfaatan:


……………………………..
……………………………..
……………………………..
……………………………..
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
5.
Ketersediaan Buku Teks
(….) Memadai 
(….) Cukup memadai
(….)  Kurang memadai
(….)  Tidak Tersedia

Pemanfaatan:


……………………………..
……………………………..
……………………………..
……………………………..
………………………………
………………………………

6.
Ketersediaan Referensi
(….) Memadai 
(….) Cukup memadai
(….)  Kurang memadai
(….)  Tidak Tersedia

Pemanfaatan:


……………………………..
……………………………..
……………………………..
……………………………..
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
7.
Buku siswa/modul
(….) Memadai 
(….) Cukup memadai
(….)  Kurang memadai
(….)  Tidak Tersedia

Pemanfaatan:


……………………………..
……………………………..
……………………………..
……………………………..
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
8.
Majalah
(….) Memadai 
(….) Cukup memadai
(….)  Kurang memadai
(….)  Tidak Tersedia

Pemanfaatan:


……………………………..
……………………………..
……………………………..
……………………………..
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
9.
Peralatan Praktik
(….) Memadai 
(….) Cukup memadai
(….)  Kurang memadai
(….)  Tidak Tersedia

Pemanfaatan:


……………………………..
……………………………..
……………………………..
……………………………..
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
10.
Bahan Praktik
(….) Memadai 
(….) Cukup memadai
(….)  Kurang memadai
(….)  Tidak Tersedia

Pemanfaatan:


……………………………..
……………………………..
……………………………..
……………………………..
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
11.
Lainnya: …………………………

(….) Memadai 
(….) Cukup memadai
(….)  Kurang memadai
(….)  Tidak Tersedia

Pemanfaatan:


……………………………..
……………………………..
……………………………..
……………………………..
………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
E.
Pelaksanaan Pembelajaran

1.
Satu jam pelajaran 40 menit
(….)  Ya
(….)  Tidak



2.
Kegiatan pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan Silabus dan RPP yang telah disusun.
(….)  Selalu
(….)  Sering
(.....) Kadang-kadang
(.....) Tidak sesuai


………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
3.
Siswa mudah diarahkan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran  

(….)  Sangat mudah
(….)  Mudah
(….) Tidak Tentu
(.....) Tidak mudah


………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
4.
Siswa aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran

(….)  Sangat aktif
(….)  Aktif
(….) Tidak tentu
(…. ) Tidak aktif


………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
5.
Siswa belajar sambil mengerjakan (Learning by doing)

(….)  Sangat mungkin
(….)  Mungkin
(.....) Tidak tentu
(.....) Tidak mungkin


………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
6.
Komponen-komponen pembelajaran CTL dapat diterapkan secara proporsional sesuai tujuan pembelajaran

(….)  Sangat mungkin
(….)  Mungkin
(.....) Tidak selalu
(.....) Tidak dapat


………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
7.
Siswa dapat mengkonstruk pemahamannya terhadap substansi yang dipelajari

(….)  Sangat mungkin
(….)  Mungkin
(.....) Tidak selalu
(.....) Tidak dapat


………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
8.
Penilaian Berbasis Kelas dapat dilaksanakan secara memadai
(….)  Sangat memadai
(….)  Memadai
(.....) Kurang memadai
(.....) Tidak memadai


………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
9.
Tujuan pembelajaran dapat dicapai sesuai rencana
(….)  Sangat sesuai
(….)  Sesuai
(.....) Kurang sesuai
(.....) Tidak sesuai


………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
10.
Target materi (dalam satu semester) yang seharusnya dibahas dalam pembelajaran dapat tuntas
(….)  Sangat tuntas
(….)  Tuntas
(.....)  Kurang tuntas
(.....) Tidak tuntas



………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
11.
Prestasi belajar siswa
(….)  Sangat tinggi
(….)  Tinggi
(......) Sedang
(….)  Rendah


………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
12.
Kegiatan remidi diselenggarakan bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan penguasaan sesuai target kompetensi
(….)  Selalu
(…..) Sering
(….)  Kadang-kadang
(......) Tidak pernah


………………………………
………………………………
………………………………
………………………………
13.
Pengayaan diselenggarakan bagi siswa yang lebih cepat dalam mencapai ketuntasan penguasaan sesuai target kompetensi
(….)  Selalu
(….)  Sering
(….)  Kadang-kadang
(….)  tidak pernak


………………………………
………………………………
………………………………
………………………………


Tidak ada komentar:

Posting Komentar